Nyasar Ke China

Standard
Pagoda dan para prajuritnya

Pagoda dan para prajuritnya

Sebuah bangunan pagoda yang didominasi warna merah menjulang tinggi di hadapanku. Di depannya, ada undakan tangga yang cukup tinggi yang dijaga patung-patung prajurit. Pemandangan ini mirip seperti yang sering aku lihat di film-film silat.

Olala, ini di Cina?

Asli keren banget, ya! Padahal tadi aku landing di bandara Changi Singapura. Setelah drop koper di hostel, Aku langsung berkelana naik MRT kesana-kemari, menempuh jarak yang cukup jauh. Dan tibalah aku di sini.

Ni hao ma. Wo zai zhongguo xianzai

(Hello, aku sedang di Cina sekarang)


Lebih tepatnya, di Chinese Garden Jurong, Singapura.

Nggak usah jauh-jauh ke Cina kalau mau merasakan nuansa Cina. Di taman ini, aku bisa menyaksikan beberapa bangunan pagoda yang cantik dan patung-patung khas Cina. Jembatannya pun dihiasi bendera kerajaan berwarna merah. Langsung terbayang Jet Lee sedang latihan silat di sana, hehe.

Jalan setapak menuju Chinese Garden

Jalan setapak menuju Chinese Garden

Pertama kali menginjakkan kaki di sini, aku langsung kagum dengan suguhan rumput hijau nan luas di sisi jalan setapak menuju Chinese Garden. Rumputnya rapih dan terlihat terawat. Rasanya empuk sekali kalau berlari-lari di atasnya. Sampai banyak yang melakukan aktivitas olahraga di sana.

Begitu tiba di depan Chinese Garden, aku disambut jembatan kayu yang berdiri kokoh di atas aliran sungai. Bendera-bendera merah yang terpasang di sepanjang jembatan membuatnya terlihat semakin kuat seperti gambaran ksatria di jaman dinasti Cina.

Bersandar sebentar di sana sambil menikmati aliran sungai rasanya damai sekali. Mau foto-foto pun oke. Apalagi dengan semilir angin hangat di sore hari yang menyentuh helaian kain bendera seakan memutar alunan musik instrumental yang eksotis. Hembusan angin ini pun ikut meniup kerudungku dan memberi efek blowing alami. Cocok kalau difoto, hehe.

Setelah melewati jembatan, ada beberapa pagoda dan patung-patung yang bisa di temukan di dalamnya. Dengan hamparan rumput yang luas dimana-mana, kalau di Indonesia pasti sudah dipakai untuk piknik. Menggelar tikar lalu makan di sana dan lupa buang sampah. Tapi di sini, kebanyakan penduduk lokal datang untuk jogging di sepanjang jalan setapak. Sisanya, turis-turis yang asik mengekplor setiap sudut taman atau ada juga orang pacaran.

Twin Pagoda menjelang sunset

Twin Pagoda menjelang sunset

Asyik sekali punya taman seluas dan serapih ini. Kehadiran Chinese Garden di salah satu sudut Singapura memberikan potret yang berbeda dari negara yang terkenal dengan kesibukannya. Di taman ini kita tidak akan menemukan kerumunan orang yang berjalan cepat melainkan orang-orang yang jogging, duduk santai, atau sekedar berfoto-foto. Suguhan pemandangan arsitektural Cina yang menjadi daya tarik utamanya pun mampu menjadi sajian yang lezat untuk mata. Tak salah bila taman ini dipilih untuk siapapun yang ingin menemukan kedamaian, ketenangan, sekaligus menyegarkan mata.

Salah satu hal yang aku kagumi dari Singapura. Meskipun negaranya kecil, tapi tak lupa menyediakan lapak taman yang luas agar tetap hijau. Dan gratis pula. Penting itu! Hehe. Ini pun bukan satu-satunya taman, loh. Di Garden by the bay, clarke quay, dan beberapa spot lain banyak pula ditemukan taman terbuka yang asyik buat duduk-duduk untuk merenung atau mengobrol dengan teman.

Sebenarnya taman ini terhubung langsung dengan Korean Garden. Namun aku tak sempat ke sana karena mengejar pertunjukkan di Marina Bay.

Well, kalau kamu mau mengunjungi taman ini, cukup naik MRT East-West (EW) line (jalur hijau) dan turun di stasiun Chinese Garden. Begitu keluar stasiun, kamu akan langsung menemukan jalan setapak menuju ke Chinese Garden. Then, enjoy your walking time ^^

Advertisements

2 responses »

  1. Pingback: Mimpi 80 Dollar (Part 3) – Final | Kicau Kaki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s