6 Gratisan Di Singapura

Standard

Singapura itu meski terkenal sebagai negara “mahal”, sebenarnya bisa jadi alternatif liburan murah. Selain banyak tiket pesawat yang murah, di sana pun banyak hal gratis yang bisa kita nikmati. Simak contekannya:

1. Objek Wisata

Tidak harus ke Universal Studio Singapura (USS) yang sudah pasti membutuhkan biaya. Setiap sudut di kota Singapura sebenarnya bisa jadi objek wisata.

Patung Merlion yang menjadi ikon negara ini bisa dikunjungi gratis. Pengunjung bisa puas-puasin berfoto dan mengeksplor pemandangan di sekitarnya.

Coba juga jalan-jalan di sekitar Kampoeng Arab – Bugis yang terdapat bangunan Masjid Sultan Agung dan pemandangan arabian yang memanjakan mata.

Untuk bersantai sambil menanti sunset, bisa melipir ke jembatan Boardwalk Sentosa Island. Menikmati semilir angin pantai yang hangat dan hamparan laut biru. Atau bisa juga di Chinese Garden. Menanti sunset sambil meluruskan kaki dan menyesapi keindahan bangunan-bangunan di sana.

Semua tempat itu gratisss.

image

2. Atraksi
Singapura memanjakan para wisatawan dengan menghadirkan beberapa atraksi gratis di berbagai tempat. Kebanyakan di malam hari seperti Crane Dance di Water Front Sentosa Island, OCBC Garden Rhapsody di Garden By The Bay, Water And Laser Show di Marina Bay, Lake of Dream di FestiveWalk Sentosa Island.

image

Atraksi Crane Dance

Aku cukup beruntung ketika berkunjung ke sana Januari lalu bertepatan dengan perayaan Thaipusam suku Tamil. Jadi bisa menyaksikan atraksi mereka melakukan long march sambil membawa Kavadi dan memakai piercing di sekujur tubuh. Ouch…

image

Festival Thaipusam suku Tamil

 

3. Sarapan
Harga sekali makan di sana cukup mahal. Minimal merogoh uang 2.5 SGD untuk nasi lemak. Itu pun nggak di semua tempat nemu harga segitu. Biasanya lebih mahal.

Cara menyiasati pengeluaran biar lebih murah, carilah penginapan yang ada fasilitas free breakfast. Tapi perlu hati-hati ya masalah kehalalannya. Kadang mereka sediakan menu sarapan yang “halal”. Tapi sebenarnya mereka pun memasak pork di dapur yang sama. So, tanyakan dulu menu makanan yang biasa di-serve di resto penginapan.

Amannya (Inshaa Allah) bila menginap di hostel. Biasanya mereka nggak ada resto. Cuma menyediakan sarapan roti, susu, dan sereal kemasan. Di hostel aku menginap, produk sarapannya ada logo halalnya. Jadi In sya Allah aman.

 

4. Air Minum
Nah..nah.. yang satu ini sempet bikin aku terbengong-bengong saat pertama kali datang ke Singapura.

Gilak! Sebotol air mineral 600 ml paling murah harganya 0.8 SGD. Sekitar 8.000, bo! Bahkan ada yang sampai 3 SGD di Merlion Park. Sehari abis sekian botol. Tekor banget.

Lupakan lah beli air mineral di sana kecuali kalau kepepet. Cukup sediakan saja botol minuman dan cari air gratis. Di manakah itu?

Pertama, ada di bandara. Jadi pas landing, nggak ada salahnya penuhin botol. Apalagi kalau abis landing mau langsung jalan.

Kedua, di hostel :D. Sebelum jalan, isi penuh botol minum dari galon di hostel. Lebih baik bawa botol yang agak gede. Biar muat banyak. Nah, nanti bisa isi ulang di perjalanan.

Selama di perjalanan, kita bisa menemukan spot air gratis di masjid. Beberapa kali shalat di masjid berbeda dan selalu menemukan keran air minum. Dingin pulak. Bahkan kalau di Masjid Sultan Agung disediakan air rasa blueberry tiap hari jumat. Rasanya segerrr. Subhanallah, berkah banget berkunjung ke masjid.

image

Keran air minum

image

Air blueberry nan segaaarr

Biasanya keran air minum terletak di dekat toilet. Jadi tiap berkunjung di tempat wisata, coba cek aja sekitat toilet umumnya. Semoga menemukan keran air untuk isi ulang minuman.

 

5. Transportasi
No bus, no MRT, apalagi taksi. Just walking (^.^)v.

Singapura itu negara yang ramah sama pedestrian. Selalu ada trotoar di sepanjang jalan yang tentunya bebas dari pedagang kaki lima. Nyaman banget buat jalan ke mana-mana. Apalagi kalau jaraknya deket. Cuma beda satu stasiun MRT misalnya. Lupakanlah naik turun eskalator untuk naik MRT. Jalan aja sekalian. Kantong hemat, mata boros pemandangan kota ;).

 

6. Penginapan
Bandara Changi adalah tempat yang tepat untuk menginap gratis. Kecuali punya teman yang bisa ditumpangi nginep. Lumayan menghemat untuk semalam. Kalau landing malam hari atau jadwal take off pagi sekali. Ada lounge yang nyaman banget untuk tempat bobo.

Tapi siap-siap kena patroli petugas ya kalau bermalam di lounge. Soalnya kalau nggak punya boarding pass akan disuruh keluar hihi.

Tenang, masih bisa nginep gratis di bandara kok. Di ruang tunggunya. Rada pegel sih tidurnya. Dan jangan lupa siapkan jaket / selimut untuk melawan suhu AC yang superb dingin.

image

Good night…

Aku yakin masih banyak hal gratis yang bisa ditemukan di Singapura. Sementara baru itu yang kutemukan. Ada yang mau menambahkan? Silakan…

Semoga tulisan ini bermanfaat ^^

Advertisements

3 responses »

  1. Pingback: Mimpi 80 Dollar (Part 3) – Final | Kicau Kaki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s