(Bukan) Kerajaan Negeri Dongeng

Standard

Waktu masih kecil, aku kira putri cantik dan pangeran tampan itu cuma ada di negeri dongeng. Putri Salju, Cinderella, Putri Tidur, hingga Putri Duyung. Rasanya sosok seperti itu -yang cantik/tampan, baik, dan pemberani- cuma cerita khayalan belaka.

Hingga suatu hari aku menonton cuplikan video seorang wanita berparas cantik dan bergaun pengantin putih duduk di kereta kuda bersama pangerannya. Bedanya rambutnya pendek nggak seperti putri-putri dalam negeri dongeng yang berambut panjang. Tapi senyumnya begitu manis dan menghangatkan. Senyum yang menggambarkan seorang Putri. Dia adalah Putri Diana, istri Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris.

Sebenarnya berita tentang politik di Inggris tapi ada cuplikan video pernikahan mereka yang disematkan dalam kabar tersebut. Di Video itu, mereka berkeliling sambil melambaikan tangan pada semua orang yang menonton di sisi jalan. Jalanan ramai sekali karena rakyat ingin melihat dan menyapa langsung putri baru mereka. Adegan yang mirip dalam dongeng.

Wow! Jadi putri itu benar-benar ada?

Aku langsung takjub melihatnya. Sebagai anak yang besar di negara bersistem republik, melihat fenomena kehidupan Kerajaan Inggirs adalah hal yang menarik untukku. Aku jadi sering menunggu-nunggu berita seputar kerajaan. Aku juga sering mencari artikelnya di koran atau majalah. Cuma mau melihat bagaimana kehidupan seorang putri kerajaan di negeri nyata. Aku ingin melihat gaun-gaun cantik yang dikenakan oleh Putri Diana hingga penasaran seperti apa bentuk kerajaan tempat Putri Diana tinggal. Apakah di dalamnya ada taman yang luas disertai kolam air mancur? Ataukah lantainya berlapis kaca seperti yang ada di buku-buku dongeng?

Setauku ada beberapa istana di Inggris yaitu Buckingham Palace di London, Windsor Castle di Backshire, dan Hampton Court Palace di Surrey. Bentuk istananya memang tidak seperti dalam dongeng yang biasanya terdiri dari tower-tower tinggi dan berwarna-warni. Istana di inggris berupa bangunan sama rata. Dan hanya satu warna, abu-abu atau merah bata. Tapi saat aku melihat foto halaman istana Buckhingham dan hampton, mulutku langsung berdecak kagum pada taman bunga berwarna-warni yang ada di depannya. Seriously, it’s awesome. Sama seperti di buku dongeng. Apalagi pengunjung diperbolehkan untuk piknik di taman itu. Asyik banget! Langsung kebayang piknik ala Kebun Raya. Gelar tiker, makan nasi bungkus, main gitar. Huihihi…

Tak kalah menarik dari tamannya, interior di dalam istana pun menggoda untuk diintip. Terutama ruang makannya. Di film atau buku dongeng, sering digambarkan meja yang panjang menjadi tempat makan para raja dan keluarga. Mereka duduk saling berjauhan. Nggak ngerti deh, kalau mau ngobrol harus teriak-teriak kali, ya? Tapi yang jelas belum ada gadget, jadi pasti nggak pada sibuk update status twitter-an atau upload foto-foto makanan di Path pas waktunya makan. Hehehe…

Nah, kalau sekarang gimana ya? Hmm… Tapi kira-kira seperti itu juga potret interior ruang makan yang ada di dalam istana Buckingham. Sama seperti dalam dongeng.

Selain menikmati interior kerajaan, aku juga penasaran ingin menyapa para penjaga istana yang berpakaian merah dan rambut menjulang tinggi. Katanya sih mereka nggak punya ekspresi. Mau digodain kayak apapun, mukanya tetep lempeng.com. Tapi justru itulah yang membuat mereka tampak menggemaskan. Ditambah lagi ada parade pergantian penjaga yang bisa disaksikan para pengunjung. Wah, menarik banget bisa liat pengawal-pengawal berwajah lempeng itu beratraksi.

Aah… Inggris telah membuat khayalanku tentang kerajaan jadi kenyataan. Meski kini Putri Diana sudah tiada dan aku pun sudah beranjak dewasa. Rasa penasaran itu menjelma jadi impian. Impian untuk bisa berkunjung melihat istana Kerajaan Inggris sambil menghidupkan kembali khayalan masa kecilku.

Anyway, semoga @MisterPotato_ID bisa membawaku menjadi tamu di Kerajaan Inggris. Aamiin.

Mr. Potato, bring me to U.K ^^

Mr. Potato, bring me to U.K ^^

 

 

Note: Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba #InggrisGratis @MisterPotato_ID

Advertisements

5 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s