Awas Salah “Jepret”

Standard
Gagal jepret

Gagal jepret

Jangan bayangkan pemandangan Gardens by The Bay seperti foto di atas. Gelap, suram, buram.

Taman yang belum lama dibuka di Singapura ini sebenarnya terlihat sangat cantik dan eksotis di malam hari. Ada belasan supertree alias pohon raksasa berhias lampu yang berjejer kokoh namun manis. Desain taman begitu apik ditambah dengan penerangan yang sengaja dibuat redup. Taman ini seolah ingin menampilkan kesan pretty in mystery.

Sayangnya yang pegang kameraku nggak cukup pandai untuk mengabadikan keindahannya. Salah setting, sih. Jadilah hasil jepretannya nggak jelas begini.

Ternyata view yang cantik bisa jadi “rusak” gara-gara salah setting kamera. Gimana dengan kehidupan?

Bayangkan jika pikiran kita itu seperti kamera yang menjepret potret kehidupan. Anggaplah sebagai inner camera. Bagaimana cara kita mengatur fokus, menentukan angle kamera, mengatur cahaya, sampai menjaga kestabilan tangan saat menjepret. Semua itu akan menentukan hasil “jepretan” kita terhadap kehidupan.

Nggak selalu loh, merasa menderita itu karena memang sedang dikasih penderitaan. Bisa aja inner camera kita yang membidiknya dengan setting lebay dan minus bersyukur. Tapi kalau dipotret dari angle positif, pengaturan cahaya yang tepat, -dan bisa saja kita malah menangkap objek tambahan yang menarik- jadilah “potret” yang cantik.

Sorry, your flight has already taken off

Lemes banget dengernya. Udah lari-lari tetep aja ketinggalan pesawat. Gara-gara sok berhemat naik MRT ke bandara padahal waktunya udah mepet  Jadilah telat. Dan tiket pun nggak bisa di-reschedule. Ya iya lah, salah sendiri telat nyampe bandara. Terpaksa harus beli tiket baru demi pulang ke tanah air.

Setelah cek sana-sini, tiket pulang untuk jadwal malam itu juga mahal bener, Cyin. 1,7 juta. Padahal kemarin beli tiket PP cuma 500 ribu. Hiks.. hiks.. Terpaksalah pilih penerbangan besok pagi via online booking; 700 ribu.

Oke, booked! Pake kartu kredit!

Aku dan temanku udah mengikhlaskan overbudget yang harus dikeluarkan gara-gara kecerobohan kami. Anggaplah itu “biaya” untuk bisa menginap di lounge Changi Airport yang terkenal cozy dan superb fasilitasnya. Sambil ngebayangin santai di kursi pijat, kami beranjak dari duduk dan berjalan ke counter check in.

Closed!

Seriuuuus ituh… Counter-nya udah tutup. Jadi nggak bisa check in. Nggak jadi berleyeh-leyeh di lounge (>.<).

Aku melempar pandangan pada ruang tunggu bandara. Kudapati bangku plastik yang tampak keras. Itu pun kebanyakan udah ditempati. Sementara beberapa orang yang duduk lesehan di lantai. Perut lapar, kaki lelah, mata pun mengantuk. Sepertinya ini akan jadi malam yang tak terlupakan.

 

Tes pilihan ganda!

Kalau kamu ada di posisi itu, apa reaksimu?

a. Langsung update status “Mendadak terdampar di bandara (-.-“) (at Changi Airport)”

b. Menggerutu bersama travel mate

c. Nangis di pojokan mikirin tagihan kartu kredit

d. Selow aja kheles, mending cari makan trus bobo

e. Girang ada bahan seru buat nulis di blog

f. …

 

Apapun pilihanmu, itulah potret yang akan kamu lihat. Potret buram, gelap, silau, atau high quality. It depends on you, your inner camera. 

Selamat memotret kehidupan ^^

 

Beautiful Garden by The Bay (photo by pt64 - flickr)

Beautiful Garden by The Bay (photo by pt64 – flickr)

Advertisements

5 responses »

  1. F. Alhamdulillah…masih diberi satu hari utk belajar di negeri orang….benih yg ditanam, apa yg nantinya tumbuh akan kita panen…Sambil kemudian menyusuri sudut2 Changi yg bisa diexplore utk buat tulisan sekaligus istirahat…
    Hmmm…..ice cream toti 1.2 dolar di orchad road bikin kangen nih.
    KerON mba Yeyen…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s