10 Makanan Halal Di Korea: Dari yang Termahal Hingga Termurah

Standard

Aku hampir ngeces melihat potongan-potongan rice cake dengan saus kemerahan yang kental diaduk-aduk bersama sosis mini. Asap mengepul menghantarkan wangi yang sedap di hidung. Hmm… pasti rasanya pedes-pedes hangat gitu. Menggoda banget.

What is it?” Aku menunjuk-nunjuk ke arah potongan sosis.

Pork”. 

Yaah… buyar sudah selera makan. Sambil bersyukur masih sempat nanya dulu sebelum buru-buru beli. Akhirnya aku melipir dari salah satu stand jajanan di Myeongdong itu.

Memang selama di Korea, harus hati-hati banget masalah makanan. Karena meski bentuknya sepertinya nggak mencurigakan, isinya belum tentu halal. Misalnya aja jajanan tadi yang lebih dikenal dengan toppoki. Ternyata di sini toppoki-nya diduetin sama 🐷. Biasanya dumpling juga sama kasusnya.

Toppoki Dumpling pork

Don’t judge the food by its look

Tapi tenang aja. Meski nggak banyak, makanan halal tetap ada kok di Korea. Halal yang aku maksud di sini kategorinya ada yang punya sertifikat, ada yang ditulis sendiri sama pemiliknya dan begitu dicek isinya aman, ada juga yang setelah ditanya bahan-bahannya aman dan tidak dijual bersama yang tidak halal.

Ini dia hasil temuanku. 10 makanan halal di Korea dari yang termahal sampai

yang paling murah, cocok buat budget traveler. (Harganya pakai won ya. 1 won = Rp. 12,7 per Maret 2017). 

1. Dalg-gangjeong

Ini makanan termahal yang aku beli. Pas lihat harganya sempet nyesek juga. Tapi pas lihat porsinya, oke rasanya ini sepadan. Dalg-gangjeong adalah ayam tepung berbalut saus merah dengan rasa pedas manis. Potongan ayamnya kecil-kecil dan bumbunya tebal menempel di kulit. Enak banget dilahap sampai ke tulang-tulang. Ini belinya yang paket take away jadi porsinya banyak banget. Bisa dimakan rame-rame atau disimpan di kulkas untuk dimakan lagi besok-besok.

Harga: 20,000 won | Beli di Makan Restaurant, Itaewon | Self-label Halal

Dalg-gangjeong

Porsi dalg-gangjeong take away

2. Samgyetang

Ini makanan yang kebayang-bayang dari awal datang ke Korea. Sup ayam gingseng yang hangat dan berkuah bening segar ini sangat pas dicicipi di tengah udara yang makin dingin November lalu. Porsinya nggak nanggung. Satu ayam utuh direbus bersama kuah gingseng, kurma, bumbu, dan daun bawang. Sehat banget, kan. Makanya banyak yang bilang ini cocok untuk makanan orang sakit hati.

Harga 12,000 won | Dibeli di Eid Restaurant, Itaewon | Sertifikat halal

Samgyetang

Samgyetang di Eid Restaurant

3. Spicy Beef Noodle

Oh, I can’t help falling in love with noodles. Bahkan lihat orang makan noodle instan di mini market aja udah langsung kabita. Dan akhirnya berhasil menemukan yang halal di Nami Island. Well, tempat lain juga mungkin ada ya 😁.

Ini noodle terbaik sepanjang masa karena mampu melelehkan badan yang beku dipeluk angin dingin. Disajikan dalam hot bowl yang membuat mie, irisan daging, jamur dan sayur bisa berendam lama dalam kuah hangat. Rasa pedasnya malu-malu. Dan porsinya besar sekali. Bahkan untuk seorang penggemar Indomie goreng jumbo aja, porsi ini masih kebanyakan. Pada akhirnya aku menyerah, tak sanggup menghabiskan semuanya ☹.

Harga 12,000 won| Dibeli di Dongmon Restaurant aka Asian Cuisine, Nami Island | Sertifikat Halal

Spicy Beef Noodle

Spicy Beef Noodle Nami Island

4. Bulgogi Bibimbap

Seporsi nasi putih yang legit disiram bulgogi dengan sausnya yang berwarna coklat. MasyaAllah enaknya. Dagingnya terasa empuk dan sausnya gurih. Ditambah lagi dapat 3 makanan pendamping yang terdiri dari teri kering, salad sayur, dan kimchi.

Bulgogi adalah salah satu makanan khas Korea yang wajib dicoba. Meski aku tak mencobanya di restoran Korea asli, tapi di restoran milik orang Turki/India (aku lupa πŸ˜„). Rasanya tetap enak dan berkesan. Ya, iyalah, ini makanan pertama yang aku makan di Korea setelah 15 jam menahan lapar :D.

Harga 9,000 won | Dibeli di Salam Restaurant, Itaewon | Self-label Halal

Bulgogi

Bulgogi yang sudah punya pendamping

5. Grilled Cheese Kebab

Kebab terbesar yang pernah aku makan dan juga paling mahal. Berisikan irisan daging yang melimpah, selada, tomat, onion, dan pickles. Dibuat oleh Oppa import dari Turki dengan perawakan yang kalau kata kamus bahasa indonesia disebut ganteng.

Harga 8,500 won | Beli di Mr. Kebab, Itaewon | Self-label Halal

Kebab

Kebab di tangan Oppa impor

 

6. Jajangmyeon

Kalau nonton drama korea pernah lihat ada adegan makan mie sampai belepotan saus di mulut? Nah ini dia Jajangmyeon, mie dengan saus  kental kedelai hitam. Pas nyobain di Indonesia sih rasanya aneh. Tapi kalau di kampung halamannya langsung, omo, aslik enak banget. Pantesan pada lahap sampai nggak peduli mukanya kotor hihi.

Harganya 7,000 won | Dibeli di Vegetarian Restaurant, Insadong | Self-check Halal

Note: Untuk coba makanan ini, pastikan di tempat yang halal ya. Karena biasanya dicampur potongan daging 🐷. Makanya aku berani coba ini di restoran vegetarian. Jadi dagingnya diganti daging nabati.

Jajangmyeon

Jajangmyeon Nabati

 

7. Street Foods

Jajajan pinggir jalan di Korea must-try banget dan sering jadi penyelamat untuk ganjel perut. Ada beberapa pilihan jajanan yang aman untuk di makan. Diantaranya Grilled Octopus, Fish Cake, Odeng, dan Egg Bread. Dari segi bahannya insyaAllah aman, hanya pastikan saja ada tulisan halal dan tidak dijual bersama makanan lain yang nggak aman.

Harga 3,000 won | Dibeli di food stand sekitar Myeongdong | Self-label & Self-check Halal

 

8. Telur Ayam Rebus

Ini just fyi ya, karena aku sendiri belum pernah coba. Telur rebus bisa ditemukan di mini market. Biasanya paketan isi 2 butir. Sudah direbus, tinggal dihangatkan saja di microwave mini market. Bisa jadi pilihan untuk pengganjal perut. Atau dimakan bersama makanan halal no. 10.

Harga 1900 / isi 2 pcs | Bisa dibeli di mini market | self-check halal

Telur Rebus

Sorry, fotonya kurang oke

 

9. Hotteok

Ini pancake versi korea. Kalau ala western biasanya disiram topping, sementara hotteok ada isinya yaitu cairan gula merah dan kacang. Rasanya manis manis gurih dan ngangenin. Paling pas dimakan selagi hangat karena gulanya masih meleleh.

Harga 1,500 won | Beli di stand makanan Nami Island atau bisa juga ditemukan di stand makanan pinggir jalan | Self-check halal

Hotteok

Cemilan terfavorit. Love banget

10. Nasi Putih

Siapa yang belum merasa makan kalau belum makan nasi? Nggak usah khawatir, di Korea nasi berseliweran di mana-mana. Hampir di tiap mini market bisa ditemukan nasi dalam kemasan. Sebuah inovasi yang unik. Nasinya sudah siap santap tinggal dihangatkan saja. Lagi-lagi bisa numpang di microwave mini market.

Ini jadi pilihan makanan paling murah kalau dipasangkan sama bekal yang kita bawa dari Indonesia seperti abon, teri kering, dan lain-lain. Ya, meskipun harganya bisa 5 kali lipat dibanding sebungkus nasi di Indonesia.

Harga 1,300 – 1,500 won | Dijual di mini market | self-check halal

Nasi Putih

Cheapest meal πŸ˜€

 

Alhamdulillah, ternyata banyak juga pilihan pasangan eh, makanan halalnya. Jadi harusnya nggak usah khawatir harus terpaksa makan sembarangan karena takut kelaparan. InsyaAllah nggak. Aku juga pernah telat makannya karena nyari yang halal. Tapi amazing-nya lambung nggak kenapa-kenapa. Karena InsyaAllah ada yang “jagain”.

Jadi, tetap pilih-pilih ya untuk makanan di sana. Memang harus rajin-rajin tanya atau browsing untuk menemukannya. Nggak apa-apa perlu sedikit usaha. Daftar masuk sekolah aja ribet, masa mau masuk surga nggak mau ribet sedikit? Hehe (^.^)v

Sampai ketemu di kicauan lainnya. Annyeong…

 

Advertisements

4 responses »

  1. Sebagian besar di itaewon ya. Aku juga nyobain kebab mayonaise nya.
    Di nami juga makan di asian cuisine. Yg ha nyangka musholla nya bagus banget. πŸ‘
    Di myeongdong juga sempet makan di resto yg ada label halal nya. Nama makanannya lupa, tp mirip semur ayam + kentang. Enak banget kalo lg kelaperan. 😁
    Paling sering emang beli nasi di CU atau sevel. Tinggal makan pake abon. πŸ˜„

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s